Sabtu, 09 Maret 2013



sistem operasi
Sistem operasi pada komputer dan laptop

Sistem Operasi  merupakan terjemahan dari bahasa inggris "Operating System", dalam dunia komputer atau teknisi lebih populer dengan nama OS. Operating System sendiri kepanjangan dari OS. Operating sistem memiliki peran yang sangat penting pada sebuah komputer maupun laptop.

System Operasi secara umum berfungsi sebagai penghubung ata pengelola data yang menghubungkan perangkat keras yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.
"Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya"[ Reference]

Operating System memiliki banyak varian. Pengguna biasanya memakai OS sesuai dengan kebiasaan untuk pekerjaan sehari-hari. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang ditempatkan pada perangkat keras Hardisk Drive melalui proses instalasi. Proses instalasi Sistem Operasi/Operating System melalui berbagai tahapan melalui proses boot. OS memiliki peran sangat penting sebagai penopang berbagai macam software yang terinstal pada komputer maulun laptop. Aplikasi-aplikasi maupun software terinstal melalui proses setelah Instalasi OS selesai.

Sistem Operasi memiliki akses kecepatan tergantung hardware yang digunakan. Jika Kita Instalasi OS Win 7 pada CPU Komputer dengan Spec P4 standar, Maka hasil dari instalasi yang didapatkan akan lambat. Hal ini dikarenakan Hardware pada CPU Komputer P4 kurang mendukung jika diinstal menggunakan OS Win 7.
Proses Instalasi OS dilakukan melalui tahapan seting BIOS [Basic Input Output System]. Bios merupakan Program yang tertanam pada chip yang tertempel pada Motherboar Komputer yang telah di Set Up berdasarkan kemampuan Motherboard.

Ada Beberapa Sistem Operasi  yang popular dipakai saat ini

1. Windows
windows XP
Windows Operating System, Logo image


Windows atua Mircorost Windows merupakan  Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Sistem Operasi daru tahun ke tahun mengalami perubahan melihat seiring perkembangan dunia Technologi yang semakin canggih.

Sebelum Tercipta Windows, Padamulanya hanya Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks  Command. Dos menjalankan perintah dengan cara memasukan perintah melalui keyboard. Saat ini pengguna MS-DOS sudah jarang pamakainya. Pengguna DOS bisa kita jumpai pada perbankan yang mengutamakan keamanan data. 

Selama Hardware yang menjalankan Dos masih berfungsi normal, Perangkat lunak DOS tidak mungkin akan eror, hal ini sangat berbeda dengan Windows yang sangat rentan dengan eror akibat firus.

2. MAC OS
MAC os
Mac Operating system, Logo image

MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Apple Computer MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). 

Dibandingkan Dengan Windows, Mac OS dari segi visual lebih menarik dan memiliki ketahanan dari berbagai malware. Pengguna terbesar Mac OS berasal dari Nedara bagian Eropa.

3.LINUX OS 
linuq OS
Linuq Operating System, Logo image

Linux merupakan Sistem Operasi berbasis Unix.  Meskipun pengguna Linux tidak sebanyak pada pengguna Windows maupun Mac OS, Namu linux memiliki ketahanan terhadap malware maupun firus. Kebanyakan pengguna Linux diterapkan pada server-server besar hal ini didukung oleh perusahaan-perusahaan besar dan ternama seperti DELL, IBM, Intel, HP, Novell.

Sebagian pengguna linux kebanyakan dari golongan  Internet Online marketer yang tidak mau repot terhadap malware. Mereka merekomendasikan karena linux memiliki ketahanan dibandingkan Sistem Operasi lainya seperti Windows dan Mac OS


Posted by Agung Sulistyo On 16.13 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Label

Advertisement

Translate

Categories