Jumat, 08 Maret 2013

Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh yang harus kita ketahui secara umum :
1. Dapat meningkatkan konsentrasi.
Kandungan kalsium yang terdapat dalam buah pisang dapat membantu meningkatkan konsentrasi, sehingga buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda yg sedang bermasalah dengan konsentrasi.

2.Baik dikonsumsi oleh ibu hamil
Asam folat yang terkandung dalam buah pisang, bersifat mudah diserap oleh janin melalui rahim. Oleh karena itu mengkonsumsi buah pisang dianjurkan untuk ibu hamil, Tapi tentunya sesuai dengan kebutuhan tubuh dan janin.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan.
Serat dan karbohidrat dalam buah pisang dapat membantu mengatur sistem saluran pencernaan tubuh, dan membantu mengontrol gerakan usus agar tetap teratur. Selain itu, Pektin yg terdapat didalamnya dapat meningkatkan sistem kerja pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit.

4. Mencegah stress.
Konsumsi buah pisang secara teratur dapat membantu menyeimbangkan kadar potasium dalam tubuh. Kadar potasium yg cukup akan memberikan ketenangan pikiran dan menjauhkan diri dari stress.

5. Membantu meningkatkan fungsi ginjal.
Potasium dalam buah pisang juga dapat memberikan efek positif pada ginjal. Dengan cukupnya kandungan potasium dalam tubuh. Maka akan memudahkan tubuh dalam mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin.sehingga kondisi ini akan menjaga ginjal tetap baik. Selain itu, kandungan senyawa fenolik antioksidan dalam buah pisang cukup tinggi. Senyawa ini membantu menjaga kesehatan ginjal.

6. Membantu memperkuat tulang.
Kandungan prebiotik dalam buah pisang yang disebut fructooligosaccharide akan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi terutama kalsium secara lebih mudah. Dengan banyaknya kalsium yang terserap tubuh, maka kebutuhan tulang akan kalsium dapat tercukupi, sehingga resiko tulang terserang osteoporosis akibat kekurangan kalsium dapat dihindarkan.

7. Menurunkan resiko tekanan darah tinggi.
Kadar kalium tinggi serta kandungan sodium rendah. Menjadikan buah pisang layak untuk dikonsumsi untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan juga stroke.

8. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah pisang kaya akan kalium, kalium dapat membantu menjegah mata kering dengan  mengontrol keseimbangan natrium dalam mata dan juga pelepasan cairan.

9. Mencegah kulit kering
Vitamin A dan Kalium  dlm buah pisang juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu menghindarkan kulit kering.

10 . Sebagai sumber tenaga.
Kandungan gula dalam buah pisang bersifat mudah larut sehingga dapat dengan mudah diserap tubuh dan diubah menjadi glukosa yang akhirnya akan diproses menjadi sumber energi tubuh. Oleh karena itu, buah pisang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pekerja berat ataupun para atlit untuk mengganti energi mereka setelah beraktivitas.

11. Mencegah anemia.
Tingginya kandungan zat besi dalam pisang,menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi terutama bagi anda yang terserang anemia. Dgn kandungan zat besi ini, bisa membantu fungsi hemoglobin dalam tubuh menjadi stabil serta mengembalikan tekanan darah dalam keaadaan normal.

12.Meredakan nyeri haid
Vitamin B6 dlm buah pisang bisa berperan dalam meredakan rasa sakit ketika haid pada wanita.

13. Mengurangi efek nikotin pada tubuh.
Bagi anda yg berkeinginan berhenti merokok, dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah pisang , karena kandungan B6 dan B15 dalam buah pisang dapat membantu mengurangi efek nikotin dalam tubuh anda.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.


Sumber: Berbagai sumber
Posted by Agung Sulistyo On 08.38 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Label

Advertisement

Translate

Categories