Sabtu, 09 Maret 2013

Hari-demi hari perkembangan teknologi semakin pesat dan perubahan semakin pesat. Perkembangan Teknologi yang paling menonjol terutama dibidang teknologi informatika yang meliput dari berbagai macam aspek. Tenologi dibidang komputer semisal, semakin banyaknya produk-produk yang dijual di pasaran dengan berbagai brand yang menyodorkan berbagai fitur-fitur unggulan.

Pada CPU komputer kita menjumpai perangkat hardware Motherboard yang rata-rata memiliki bentuk fisik kotak atau persegi. Sebagai pengamat komputer tentu mengetahui perkembangan-perkembangan yang terjadi sampai hari ini.

Pada awalnya kita menganal motherboard dengan menggunakan socet, baik motherboard untuk Pentium MMX, Intel Pentium 1, intel Pentium 2 sampai Motherboard socet 478 untukjenis processor intel Socet. Pada Motherboard genera itu lebih dikenal dengan Motherboard Socet PGA singkatan Pin Grid Array. 

Generasi motherboard selanjutnya adalah jenis Motherboard LGA  [Land Grid Array].  Jenis Motherboard LGA dimulai dari motherboard LGA dengan Chipset 940. Motherboard jenis ini mampu membaca processor Pentium 4 LGA, baik itu intel celleron maupun intel pentium. 

Generasi Motherboard jenis LGA dimulai sekitar tahun 2005 dan masih bertahan hingga sekarang. Hal ini mungkin cukup beralasan. Pada Motherboard socet LGA kekuatan hantar konektor lebih sempurna, dan hal ini mampu mengurangi suhu panas pada pprocessor dan motherboard. 

1. Motherboard socet intel PGA singkatan dari [Pin Grid Array]

PGA Motherboard
Motherboard for socet Intel PGA
Pada gambar diatas, adalah motherboard untuk socet intel PGA. Pada motherboard tersusun lubang-lubang kecil yang fungsinya sebagai tempat pin/kaki yang ada pada processor. Motherboard jenis ini menurut pakar komputer kurang bagus.   
2. Motherboard Socet Intel LGA singkatan dari [Land Grid Array]
motherboard LGA
Landasan Motherboard untuk Proc Socet LGA
Pada keterangan gambar diatas menggunakan contoh Motherboard LGA untuk jenis processor LGA socet 775 dan 1155. Perbedaan menonjol dari motherboard untuk socet PGA dan LGA terletak pada bentuk fisik pin. Pada motherboard jenis LGA, perbedaannya berdanding terbalik dengan motherboard jenis PGA.
Pada motherboard LGA pin/kaki konektor yang menghubungkan processor dengan motherboard ada pada motheboard. Pada Motherboard Jenis PGA konektor pin ada pada processor
 
Posted by Agung Sulistyo On 16.01 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Label

Advertisement

Translate

Categories