Rabu, 06 Juni 2012

      Dalam memilih gitar listrik anda sering kali tidak mengetahui kayu apa yang digunakan oleh pabrik/lithier, Terkait masih banyaknya teman-teman yang Ingin tahu tentang Jenis Jenis kayu untuk Gitar , untuk lebih lanjutnya kita bahas satupersatu :

* Mahogany

Kayu jenis ini memiliki bobot yang lumayan berat namun ideal digunakan sebagai bahan dasar pembuatan body gitar karena dari kayu jenis ini sustain suara gitar lebih baik, attack yang mantap dan suara gitar lebih tajam.

* Basswood

Kayu jenis ini bisa menghasilkan suara gitar yang warm, memiliki bobot yang lebih ringan dari kayu mahogany namun kekurangan dari kayu jenis ini adalah kepadatan kayu bisa dibilang kurang sehingga perlu ekstra hati-hati dalam pembuatan dan juga penggunaan gitar dari kayu jenis ini.

* Ash

Kayu Ash memiliki kesamaan dalam bobot dengan kayu basswood. sound yang dihasilkan cukup bright namun lebih menonjol pada frekuensi low, kayu jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan body pada bass elektrik namun tidak sedikit juga dipakai untuk pembuatan body gitar elektrik

* Poplar

Dari segi sound, kayu jenis ini memiliki karakter yang sama dengan kayu basswood. Keistimewaan dari kayu jenis ini adalah corak kayu yang lebih terang sehingga memiliki sisi esensial tersendiri.

* Maple

Kayu jenis ini memiliki countour yang lembut dan indah. Sound yang dihasilkan cukup bright dengan attack yang bervariasi. kayu jenis ini banyak digunakan karena coraknya yang indah, sehingga kadang gitar dari kayu jenis ini hanya difinishing natural tanpa cat.

* Sungkai
kayu jenis ini bisa di bilang indonesian ash wood, karena memiliki karakteristik sound dan serat kayu yang hampir mirip dengan kayu ash, memiliki karakter twank yang cocok di gunakan bagi pengguna gitar fender.

Sekian kiranya..bukan bermaksud menggurui tapi sekedar share untuk menambah ilmu saja maaf kalo ada salah" kata & infonya :)
Posted by Agung Sulistyo On 00.02 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Label

Advertisement

Translate

Categories